SEGMENTASI,
MENETAPKAN TARGET, DAN MENETAPKAN POSISI DI PASAR GUNA MENDAPATKAN KEUNGGULAN
BERSAING.
Segmentasi Pasar
Membagi sebuah pasar ke dalam
kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau
perilaku yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang
terpisah.
Penetapan Target Pasar
Proses mengevaluasi daya tarik
tiap-tiap segmen dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dimasuki.
Penempatan posisi
Mengatur produk supaya dapat menempati posisi pada benak konsumen yang
jelas, khas, dan diinginkan secara relatif terhadap produk pesaing.
SEGMENTASI PASAR
Tingkatan Segmentasi Pasar
Pemasaran Massal, yaitu memproduksi secara massal
mendistribusikan secara massal, dan mempromosikan secara massal produk yang
hampir sama dengan cara yang hampir sama kepada semua konsumen.
Pemasaran Segmen, Memisahkan segmen-segmen yang membentuk
suatu pasar dan mengadaptasi tawarannya supaya sesuai dengan kebutuhan satu
atau lebih segmen tersebut.
Pemasaran Relung, Memfokuskan diri pada subsegmen atau
relung pasar yang memiliki sejumlah ciri bawaan yang khas yang mungkin mencari
kombinasi sejumlah manfaat yang khusus.
Pemasaran Mikro, Praktek perancangan produk dan program
pemasaran supaya sesuai benar dengan selera individu dan lokasi yang spesifik
yang meliputi pemasaran lokal dan pemasaran individual. - Pemasaran Lokal, Perancangan
merk dan promosi supaya sesuai benar dengan kebutuhan dan keinginan
kelompok-kelompok pelanggan local --- kota, pemukiman, bahkan untuk yang
spesifik. - Pemasaran Individual, Perancangan produk dan program pemasaran
supaya sesuai benar dengan kebutuhan dan preferrensi pelanggan secara
individual. Juga dinamakan pemasaran satu per satu ( one to one marketing ),
pemasaran yang disesuaikan dengan ( customized marketing ) kebutuhan dan
pemasaran pasar yang terdiri dari satu orang
( market of one marketing ).
Mensegmentasi Pasar Konsumen - Segmentasi Geografis, membagi
pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda-beda seperti negara, wilayah
negara bagian, kabupaten, kota atau pemukiman. - Segmentasi Demografis, Upaya
membagi pasar menjadi sejumlah kelompok berdasarkan variable-variabel seperti
usia, gender, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaan,
pendidikan, agama, ras dan kebangsaan. - Segmentasi Psikografis, Upaya membagi
pembeli menjadi kelompok-kelompok yang berbeda berdasarkan kelas social, gaya
hidup atau karakteristik kepribadian.
Segmentasi Pasar
Manajemen Pemasaran
- Segmentasi Perilaku, Upaya membagi suatu pasar ke sejumlah
kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, pengunaan atau tanggapan konsumen
terhadap suatu produk.
Persyaratan supaya Segmentasi Efektif. - Terukur - Dapat
dijangkau - Substansial - Dapat dibedakan - Dapat dilakukan tindakan
tertentu.
PENETAPAN TARGET PASAR ( PASAR SASARAN )
Pasar Sasaran
Seperangkat pembeli yang memiliki kebutuhan dan karakteristik yang sama,
yang diputuskan untuk dilayani oleh perusahaan. 1. Mengevaluasi Segmen Pasar -
Ukuran dan pertumbuhan segmen. - Daya tarik structural segmen. - Tujuan dan
sumber daya perusahaan. Memilih
Segmen Pasar. - Pemasaran tanpa diferensiasi ( Pemasaran massal ). - Strategi
peliputan pasar dimana perusahaan mungkin memutuskan untuk mengabaikan
perbedaan-perbedaan yang ada pada tiap-tiap segmen pasar, dan masuk ke pasar
secara keseluruhan dengan satu tawaran. - Pemasaran yang terdiferensiasi. -
Strategi peliputan pasar dimana sebuah perusahaan memutuskan untuk menetapkan
beberapa segmen pasar atau relung pasar dan mendesain tawaran yang terpisah
bagi masing-masing segmen. - Pemasaran terkonsentrasi. Strategi peliputan pasar dimana sebuah
perusahaan memilih untuk meraih pangsa pasar yang besar pada satu atau beberapa
subpasar. Memilih strategi Peliput Pasar. - Sumber daya yang dimiliki perusahaan.
- Tahapan produk dalam daur hidup. - Homogenitas Pasar. - Strategi pemasaran
yang dilakukan pesaing.
Segmentasi Pasar
Manajemen Pemasaran
PENEMPATAN ( POSITIONING ) GUNA MENDAPATKAN KEUNGGULAN BERSAING.
Posisi Produk Merupakan cara produk didefinisikan oleh
konsumen berdasarkan beberapa atribut penting
( tempat yang diduduki produk dalam benak konsumen dibandingkan hubungan
dengan produk-produk pesaing.
Keunggulan Bersaing Keunggulan terhadap pesaing yang
diperoleh karena menawarkan kepada konsumen nilai yang lebih besar, baik
melalui harga yang lebih murah atau dengan memberikan sejumlah manfaat yang
lebih banyak yang dapat dijadikan alasan untuk menetapkan harga yang lebih
tinggi.
Memilih Strategi Penempatan Produk ( Positioning ) -
Mengidentifikasikan keunggulan bersaing yang mungkin. - Memilih Keunggulan
pasaing yang tepat. - Mengkomunikasikan dan menyampaikan Posisi yang telah
dipilih.
Sumber: http://lista.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/19543/Segmentasi+Pasar.pdf