Percayalah bahwa kesulitan itu membuat kita menjadi jauh lebih tangguh.

Selasa, 21 Januari 2014

Perilaku Konsumen

Tugas mata kuliah perilaku konsumen untuk kelas 3EA10
1.       Apa yang mempengaruhi dan alasan anda dalam memutuskan untuk membeli suatu barang?
Jawab: yang mempengaruhi alasan saya dalam membeli suatu barang adalah perilaku permintaan konsumen terhadap barang dan jasa akan dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya yaitu pendapatan, selera konsumen dan harga barang. Konsep dasar perilaku konsumen menyatakan bahwa konsumen selalu berusaha untuk mencapai kegunaan maksimal dalam pemakaian barang yang dikonsumsinya. Kegunaan (Utility) adalah derajat seberapa besar sebuah barang atau jasa dapat memuaskan kebutuhan seseorang.
Sebelum dan sesudah melakukan pembelian, seorang konsumen akan melakukan sejumlah proses pemikiran konsumen, yakni:
a)    Pengenalan masalah (problem recognition) Konsumen akan membeli suatu produk sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapinya. Tanpa adanya pengenalan masalah yang muncul, konsumen tidak dapat menentukan produk yang akan dibeli.
b)    Pencarian informasi (information source) Setelah memahami masalah yang ada, konsumen akan termotivasi untuk mencari informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada melalui pencarian informasi. Proses pencarian informasi dapat berasal dari dalam memori (internal) dan berdasarkan pengalaman orang lain (eksternal).
c)    Mengevaluasi alternatif (alternative evaluation). Setelah konsumen mendapat berbagai macam informasi, konsumen akan mengevaluasi alternatif yang ada untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya.
d)    Keputusan pembelian (purchase decision). Setelah konsumen mengevaluasi beberapa alternatif strategis yang ada, konsumen akan membuat keputusan pembelian. Terkadang waktu yang dibutuhkan antara membuat keputusan pembelian dengan menciptakan pembelian yang aktual tidak sama dikarenakan adanya hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.
e)    Evaluasi pasca-pembelian (post-purchase evaluation) merupakan proses evaluasi yang dilakukan konsumen tidak hanya berakhir pada tahap pembuatan keputusan pembelian.Setelah membeli produk tersebut.


2.       Bagaimana pendapat anda terhadap perilaku konsumen di jabodetabek khususnya kota Depok?
Jawab: Perilaku konsumen di daerah Depok menurut saya mayoritas berekonomi menengah ke atas. Sehingga konsumennya lumayan tinggi dan melakukannya secara berulang-ulang. Didaerah ini banyak terdapat pusat perbelanjaan sehingga memungkinkan para konsumen dapat meningkatkan daya konsumtifnya dan ini juga berpengaruh terhadap tingkat perekonomian didaerah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar