Tugas mata
kuliah perilaku konsumen untuk kelas 3EA10
1.
Apa yang mempengaruhi dan alasan anda dalam
memutuskan untuk membeli suatu barang?
Jawab:
yang mempengaruhi alasan saya dalam membeli
suatu barang adalah perilaku permintaan konsumen terhadap barang dan jasa akan
dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya yaitu pendapatan, selera konsumen
dan harga barang. Konsep dasar perilaku konsumen menyatakan bahwa konsumen
selalu berusaha untuk mencapai kegunaan maksimal dalam pemakaian barang yang
dikonsumsinya. Kegunaan (Utility) adalah derajat seberapa besar sebuah barang
atau jasa dapat memuaskan kebutuhan seseorang.
Sebelum dan sesudah melakukan pembelian, seorang konsumen akan melakukan sejumlah proses pemikiran konsumen, yakni:
Sebelum dan sesudah melakukan pembelian, seorang konsumen akan melakukan sejumlah proses pemikiran konsumen, yakni:
a) Pengenalan masalah (problem recognition)
Konsumen akan membeli suatu produk sebagai solusi atas permasalahan yang
dihadapinya. Tanpa adanya pengenalan masalah yang muncul, konsumen tidak dapat
menentukan produk yang akan dibeli.
b) Pencarian informasi (information source)
Setelah memahami masalah yang ada, konsumen akan termotivasi untuk mencari
informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada melalui pencarian
informasi. Proses pencarian informasi dapat berasal dari dalam memori (internal)
dan berdasarkan pengalaman orang lain (eksternal).
c) Mengevaluasi alternatif (alternative
evaluation). Setelah konsumen mendapat berbagai macam informasi, konsumen
akan mengevaluasi alternatif yang ada untuk mengatasi permasalahan yang
dihadapinya.
d) Keputusan pembelian (purchase decision).
Setelah konsumen mengevaluasi beberapa alternatif strategis yang ada, konsumen
akan membuat keputusan pembelian. Terkadang waktu yang dibutuhkan antara membuat
keputusan pembelian dengan menciptakan pembelian yang aktual tidak sama
dikarenakan adanya hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.
e) Evaluasi pasca-pembelian (post-purchase
evaluation) merupakan proses evaluasi yang dilakukan konsumen tidak hanya
berakhir pada tahap pembuatan keputusan pembelian.Setelah membeli produk
tersebut.
2.
Bagaimana pendapat anda terhadap perilaku
konsumen di jabodetabek khususnya kota Depok?
Jawab: Perilaku konsumen di daerah Depok
menurut saya mayoritas berekonomi menengah ke atas. Sehingga konsumennya
lumayan tinggi dan melakukannya secara berulang-ulang. Didaerah ini banyak terdapat
pusat perbelanjaan sehingga memungkinkan para konsumen dapat meningkatkan daya
konsumtifnya dan ini juga berpengaruh terhadap tingkat perekonomian didaerah
tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar